Perubahan Sistem Layanan TASPEN Keliling

Terjadinya Pendemi COVID-19 yang populer disebut wabah Corona juga membawa perubahan sistem layanan TASPEN keliling. Untuk kondisi biasa , PT. TASPEN  memberikan pelayanan jemput bola (keliling) di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Trenggalek setiap hari senin , mulai jam 09.30 WIB sampai selesai. Namun untuk kondisi darurat Corona saat ini model layanan  langsung memang dihindari sehingga PT. TASPEN menerapkan sistem pelayanan baru yang disebut : layanan PESONA (Pensiun Sehat Tanpa Corona).

Layanan PESONA hakekatnya adalah  layanan TASPEN dengan berbasis Online di mana verifikasi dokumen dilakukan dengan cara pemohon melakukan scan dokumen yang disyaratkan kemudian mengirimkan melalui aplikasi Whatsapp. Hasil verifikasi dokumen akan disampaikan melalui SMS atau Whatsapp via Handphone pemohon, dimana apabila ternyata dokumen yang disyaratkan masih kurang akan dilengkapi terlebih dahulu oleh pemohon.
Apabila dokumen yang dikirim pemohon dinyatakan lengkap  maka baru pemohon mengirim dokumen asli (Hardcopy) ke PT. TASPEN (Persero) KC Kediri, dimana nantinya dokumen tersebut  akan diproses terlebih lanjut. Untuk  layanan PESONA PT. TASPEN dapat di lihat pada illustrasi di bawah ini :

Sistem layanan online dengan cara scan dokumen memang  agak menyulitkan  terutama bagi para pensiunan yang jelas  telah berusia lanjut. Untuk menjawab kendala ini maka terdapat solusi dimana berkas dokumen permohonan dapat dikumpulkan di ruang  TASPEN BKD Trenggalek setiap hari Senin mulai jam 09.00 WIB sampai jam 14.00 WIB, dimana berkas tersebut akan diambil oleh Bank Mandiri Taspen untuk diproses sesuai aturan yang berlaku.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.