SIDALAYAK : ‘Menghapus Jarak’ dan Meningkatkan Transparansi Dalam Pelayanan Administrasi Kepegawaian
Birokrasi apapun bentuknya seringkali identik dengan jalan berliku, rumit dan menguras waktu. Bentuk penilaian birokrasi seperti itu memang sulit dihindari , karena beberapa kejadian rumitnya masyarakat untuk memperoleh layanan birokrasi menjadi bentuk penghakiman masyarakat untuk menilai mutu layanan sebuah birokrasi. Penghakiman tersebut tentu bukan sikap yang bijak ibarat “nila setitik rusak susu sebelanga” , karena faktanya lebih banyak birokrasi yang tidak menerapkan prinsip kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah ?
Salah satu upaya memberikan layanan birokrasi yang memangkas jalan berliku tersebut adalah pengembangan aplikasi SIDALAYAK ( Sistem Informasi Daring Layanan Kepegawaian ) yang telah dirilis Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Semangat yang diusung dalam layanan SIDALAYAK adalah memberikan kemudahanan akses dan kejelasan proses dalam layanan kepegawaian sehingga kendala lokasi jauh, dan ketidakjelasan alur proses layanan kepegawaian bisa teratasi.
Pertanyaan yang sering muncul dalam sebuah layanan kepegawaian seperti : kecukupan berkas persyaratan , alur proses yang harus dilalui , estimasi waktu layanan dan berkas kepegawaian sudah sampai pada tahap apa akan terjawab dengan cepat dengan layanan SIDALAYAK. Inovasi layanan SIDALAYAK sendiri memang ingin meluruskan adanya penilaian birokrasi yang berliku dan rumit dan berusaha menerapkan prinsip birokrasi yang sesungguhnya yaitu ” Harus dipermudah jangan sampai dipersulit ” sebagai dasar semangat dalam memberikan layanan kepegawaian di Lingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek.
Lebih lanjut tentang penerapan aplikasi SIDALAYAK dapat di lihat melalui surat di bawah ini :
Pelaksanaan Bimtek Layanan SIDALAYAK bagi calon operator SIDALAYAK di salah satu sesi dapat dilihat pada tautan berikut ini :
oleh : Habibu Rokhman ( Pengelola Situs / Web BKD Trenggalek )