Forum Apresiasi Implementasi Manajemen ASN Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek
Forum Apresiasi Implementasi Manajemen ASN Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek
Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Trenggalek selaku stakeholder dari implementasi manajemen ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek menginisiasi suatu program pengembangan dan penyegaran kompetensi teknis Manajemen ASN bagi pengelola kepegawaian di lingkup Pemkab Trenggalek. Program yang bertajuk “Refreshment Implementasi Manajemen ASN” ini bertujuan untuk mengoptimalisasi pengelolaan manajemen ASN dalam memberikan kontribusi pada terwujudnya Visi Misi Bupati Trenggalek, pemenuhan 20 JP dalam rangka Pengembangan Kompetensi ASN, serta evaluasi penerapan Manajemen ASN di Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pada pelaksanaannya, para pengelola kepegawaian masing-masing OPD dipaparkan materi, project dan sesi diskusi seputar Manajemen ASN, serta diakhiri dengan Post Test pada setiap pergantian materi.
Di penghujung tahun, BKD Trenggalek mengumpulkan dan mengolah data terkait “Ketaatan” dan “Kualitas” implementasi manajemen ASN yang diperoleh dari serangkaian kegiatan Refreshment Implementasi Manajemen ASN, sehingga didapatkan predikat implementasi Manajemen ASN tingkat OPD sebagai berikut
1. Terdapat 12 OPD termasuk dalam Kategori A (Unggul) dengan nilai indeks 81 – 100, diantaranya:
– Badan Kepegawaian Daerah
– Kecamatan Panggul
– Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
– Kecamatan Kampak
– Kecamatan Munjungan
– Dinas Penanaman Modal dan PTSP
– Dinas Perhubungan
– Kecamatan Durenan
– Kecamatan Tugu
– Dinas Perikanan
– Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan
– Kecamatan Pule
2. Terdapat 16 OPD termasuk dalam Kategori B (Baik) dengan nilai indeks 61 – 80, diantaranya:
– Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan
– Kecamatan Pogalan
– Kecamatan Trenggalek
– Dinas Kesehatan PPKB
– Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa
– Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan
– Dinas Komunikasi dan Informatika
– Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
– Kecamatan Suruh
– Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
– Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup
– Badan Penanggulangan Bencana Daerah
– Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja
– Kecamatan Gandusari
– Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
– Dinas Pertanian dan Pangan
3. Terdapat 6 OPD termasuk dalam Kategori C (Cukup) dengan nilai indeks 41 – 60, diantaranya:
– Sekretariat Daerah
– Sekretariat DPRD
– Kecamatan Watulimo
– RSUD Panggul
– Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
– Kecamatan Bendungan
4. Terdapat 5 OPD termasuk dalam Kategori D (Kurang) dengan nilai indeks 21 – 40, diantaranya:
– Kecamatan Dongko
– Kecamatan Karangan
– Badan Keuangan Daerah
– RSUD Soedomo
– Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga
5. Terdapat 3 OPD termasuk dalam Kategori E (Buruk) dengan nilai indeks 0 – 20, diantaranya:
– SATPOL PP dan Kebakaran
– Inspektorat
– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Meningkatkan implementasi manajemen ASN pada OPD yang masih memiliki predikat buruk dan mempertahankan implementasi manajemen ASN pada OPD yang berpredikat baik adalah tugas bersama antara BKD dan OPD di tahun mendatang. Oleh karena itu, monitoring dan evaluasi implementasi manajemen ASN tingkat OPD wajib dilakukan secara berkala dan berkelanjutan, sehingga seluruh ASN dapat menerima manfaat layanan kepegawaian secara optimal.