Tupoksi Sub Bagian / Sub Bidang

Berdasarkan Peraturan Bupati Trenggalek No. 62 Tahun 2014 tentang Penjabaran Tugas Pokok dan Fungsi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Trenggalek sub bagian / sub bidang di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Trenggalek memiliki tugas pokok sebagai berikut :


Sekretariat

Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan

Sub Bagian perencanaan dan pelaporan melaksanakan tugas:

  1. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi perumusan kebijakan operasional di Bidang perencanaan dan pelaporan Badan;
  2. mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan perencanaan dan pelaporan Badan;
  3. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi penyusunan program dan kegiatan di Bidang perencanaan dan pelaporan kinerja Badan;
  4. melakukan pelayanan administrasi kegiatan perencanaan dan pelaporan Badan;
  5. melakukan penyusunan dokumen perencanaan dan pelaporan kinerja Badan;
  6. menyiapkan bahan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta pendataan hasil kerja perencanaan dan pelaporan Badan; dan
  7. melaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Sekretaris.

Sub Bagian Keuangan

Sub Bagian keuangan melaksanakan tugas:

  1. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi perumusan kebijakan operasional di Bidang administrasi keuangan Badan;
  2. mengumpulkan dan menganalisa data dalam rangka koordinasi dan pembinaan administrasi keuangan Badan;
  3. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka penyusunan program dan kegiatan di bidang administrasi keuangan Badan;
  4. melakukan kegiatan pelayanan administrasi keuangan Badan;
  5. melakukan penatausahaan keuangan Badan;
  6. melaksanakan verifikasi, evaluasi dan pelaporan kinerja keuangan Badan; dan
  7. melaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Sekretaris.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Sub Bagian umum dan kepegawaian melaksanakan tugas:

  1. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi perumusan kebijakan operasional di Bidang administrasi umum dan kepegawaian Badan;
  2. mengumpulkan dan menganalisa data dalam rangka koordinasi dan pembinaan administrasi umum dan kepegawaian Badan;
  3. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka penyusunan program dan kegiatan di Bidang administrasi umum dan kepegawaian Badan;
  4. melakukan kegiatan pelayanan administrasi umum dan kepegawaian Badan;
  5. melakukan penatausahaan surat menyurat, perlengkapan, urusan kerumahtanggaan dan kehumasan Badan;
  6. menyiapkan bahan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas, pendataan hasil kerja serta menyusun pelaporan kinerja administrasi umum kepegawaian Badan; dan
  7. melaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Sekretaris.

Bidang Formasi dan Informasi Kepegawaian

Sub Bidang Formasi dan Pengadaan Pegawai

Sub Bidang formasi dan pengadaan pegawai mempunyai tugas:

  1. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan teknis di Bidang formasi dan pengadaan pegawai;
  2. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan program dan kegiatan di Bidang formasi dan pengadaan pegawai;
  3. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan di Bidang formasi dan pengadaan pegawai;
  4. melakukan kegiatan pelayanan teknis dan administrasi di Bidang formasi dan pengadaan pegawai;
  5. melakukan analisa kebutuhan pegawai dalam rangka rencana penerimaan pegawai;
  6. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pelaksanaan kegiatan penerimaan CPNS ;
  7. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pengusulan kebutuhan PPPK;
  8. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pengadaan PPPK;
  9. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pemprosesan pengangkatan CPNS menjadi PNS;
  10. memfasilitasi pelaksanaan uji kesehatan CPNS;
  11. memfasilitasi seleksi CPNS Praja IPDN;
  12. menyiapkan data sebagai bahan penyelenggaraan pengambilan sumpah/janji PNS;
  13. mendokumentasikan hasil kegiatan penyusunan formasi dan pengadaan pegawai;
  14. monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta menyusun laporan kinerja sesuai dengan bidang tugasnya; dan
  15. melaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang formasi dan informasi kepegawaian.

Sub Bidang Informasi Kepegawaian

Sub Bidang informasi kepegawaian mempunyai tugas:

  1. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan di Bidang informasi kepegawaian;
  2. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan program dan kegiatan Bidang informasi kepegawaian;
  3. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan di Bidang informasi kepegawaian;
  4. melakukan pengelolaan, pemeliharaan dan pengamanan dokumen naskah kepegawaian dalam bentuk fisik maupun digital;
  5. melakukan pengelolaan dan pengembangan data kepegawaian berbasis teknologi informasi;
  6. menyiapkan data sebagai bahan pelaksanaan pelayanan informasi kepegawaian sesuai peraturan perundang-undangan;
  7. memfasilitasi proses penerbitan ulang kartu pegawai elektronik dan konversi NIP;
  8. monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta menyusun laporan kinerja sesuai bidang tugasnya; dan
  9. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang formasi dan informasi kepegawaian.

Bidang Pendidikan dan Pelatihan

Sub Bidang Diklat Struktural

Sub Bidang diklat struktural dan pengembangan mempunyai tugas:

  1. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan di Bidang diklat struktural dan pengembangan;
  2. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan program dan kegiatan di Bidang diklat struktural dan pengembangan;
  3. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan di Bidang diklat struktural dan pengembangan;
  4. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka penyusunan pola karier PNS;
  5. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pelaksanaan kegiatan dan pengiriman peserta diklat struktural;
  6. menyiapkan dan menganalisa dalam rangka penyelenggaraan ujian dinas;
  7. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pemrosesan tugas belajar dan ijin belajar;
  8. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pelaksanaan kegiatan analisa kebutuhan diklat struktural dan pengembangan karier PNS;
  9. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pengiriman CPNS untuk mengikuti diklat;
  10. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka penyelenggaraan ujian penyesuaian ijasah;
  11. melaksanakan kegiatan pelayanan teknis dan administrasi kegiatan diklat struktural dan pengembangan karier;
  12. melaksanakan kegiatan evaluasi dampak diklat struktural dan pengembangan karier;
  13. mendokumentasikan hasil kegiatan diklat struktural dan pengembangan;
  14. monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta menyusun laporan kinerja sesuai dengan bidang tugasnya; dan
  15. melaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang pendidikan dan pelatihan.

Sub Bidang Diklat Teknis dan Fungsional

Sub Bidang diklat teknis dan fungsional mempunyai tugas:

  1. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan di Bidang diklat teknis dan fungsional;
  2. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan program dan kegiatan di Bidang diklat teknis dan fungsional;
  3. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan di bidang diklat teknis dan fungsional;
  4. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pelaksanaan kegiatan analisa kebutuhan diklat teknis dan fungsional serta pengembangan kompetensi;
  5. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pelaksanaan dan pengiriman peserta diklat teknis dan fungsional serta pengembangan kompetensi;
  6. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pemberian rekomendasi pengiriman peserta diklat teknis dan fungsional dari Satuan Kerja Perangkat Daerah;
  7. melaksanakan kegiatan pelayanan teknis dan administrasi kegiatan diklat teknis dan fungsional serta pengembangan kompetensi;
  8. melaksanakan kegiatan evaluasi dampak diklat teknis dan fungsional;
  9. mendokumentasikan hasil kegiatan diklat teknis dan fungsional;
  10. monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta menyusun laporan kinerja sesuai dengan Bidang tugasnya; dan
  11. melaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang pendidikan dan pelatihan.

Bidang Mutasi

Sub Bidang Kepangkatan dan Pemindahan

Sub Bidang kepangkatan dan pemindahan mempunyai tugas:

  1. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan di Bidang kepangkatan dan pemindahan;
  2. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan program dan kegiatan di Bidang kepangkatan dan pemindahan;
  3. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan di Bidang kepangkatan dan pemindahan;
  4. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pemrosesan kenaikan pangkat PNS;
  5. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pemrosesan kenaikan gaji berkala;
  6. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pemrosesan penambahan masa kerja;
  7. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pemrosesan pindah tugas PNS;
  8. melakukan kegiatan pelayanan teknis dan administrasi pengelolaan kepangkatan dan pemindahan PNS;
  9. mendokumentasikan hasil kegiatan Bidang kepangkatan dan pemindahan;
  10. monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta menyusun laporan kinerja sesuai dengan bidang tugasnya; dan
  11. melaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang mutasi.

Sub Bidang Jabatan

Sub Bidang jabatan mempunyai tugas:

  1. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan di Bidang jabatan;
  2. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan program dan kegiatan di Bidang jabatan;
  3. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan di Bidang jabatan;
  4. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pemrosesan pengangkatan/penempatan dalam jabatan;
  5. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pemprosesan pemberhentian dari jabatan;
  6. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pemprosesan kenaikan jenjang jabatan fungsional;
  7. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pemprosesan alih tugas jabatan;
  8. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pelantikan pejabat struktural;
  9. melaksanakan kegiatan pelayanan teknis dan administrasi pengelolaan di Bidang jabatan;
  10. mendokumentasikan hasil kegiatan di Bidang jabatan;
  11. monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta menyusun laporan kinerja sesuai dengan Bidang tugasnya; dan
  12. melaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang mutasi.

Bidang Pembinaan dan Penghargaan Pegawai

Sub Bidang Pembinaan Pegawai

Sub Bidang pembinaan pegawai mempunyai tugas:

  1. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan di Bidang pembinaan pegawai;
  2. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan program dan kegiatan di Bidang pembinaan pegawai;
  3. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan di Bidang pembinaan pegawai;
  4. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pemrosesan penetapan penjatuhan hukuman disiplin pegawai;
  5. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pemrosesan pemberhentian sementara dari jabatan negeri;
  6. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pemrosesan mempekerjakan kembali dalam jabatan negeri;
  7. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pemrosesan ijin perkawinan dan perceraian;
  8. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka evaluasi hasil kinerja pegawai dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah ;
  9. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pemrosesan pemberian ijin cuti;
  10. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pengaktifan kembali PNS setelah menjalani cuti diluar tanggungan negara sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  11. memfasilitasi penetapan hasil penilaian kinerja Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah;
  12. menyiapkan dan menyampaikan Laporan Pajak Perorangan Pegawai (LP2P) dan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN);
  13. melaksanakan kegiatan pelayanan teknis dan administrasi pengelolaan di Bidang pembinaan pegawai;
  14. mendokumentasikan hasil kegiatan Bidang pembinaan pegawai;
  15. monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta menyusun laporan kinerja sesuai dengan Bidang pembinaan pegawai; dan
  16. melaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Penghargaan Pegawai.

Sub Bidang Pensiun dan Penghargaan Pegawai

Sub Bidang pensiun dan penghargaan pegawai mempunyai tugas:

  1. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan di Bidang pensiun dan penghargaan pegawai;
  2. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan program dan kegiatan di Bidang pensiun dan penghargaan pegawai;
  3. menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan di Bidang pensiun dan penghargaan pegawai;
  4. menyiapkan dan menganalisa data dalam rangka pemrosesan pemberian penghargaan bagi pegawai yang berprestasi;
  5. menyiapkan data sebagai bahan pemrosesan pemberian penghargaan bagi pegawai yang purna tugas;
  6. memfasilitasi pemrosesan penerbitan KARPEG, KARIS, KARSU, TASPEN dan KARIP ;
  7. memfasilitasi pemrosesan pencairan TAPERUM;
  8. memfasilitasi pemrosesan penetapan pensiun PNS;
  9. memfasilitasi pemrosesan penetapan status PNS;
  10. melaksanakan kegiatan pelayanan teknis dan administrasi kegiatan pensiun dan penghargaan pegawai;
  11. mendokumentasikan hasil kegiatan Bidang pensiun dan penghargaan pegawai;
  12. monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta menyusun laporan kinerja sesuai dengan Bidang pensiun dan penghargaan pegawai; dan
  13. melaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang pembinaan dan penghargaan pegawai.