Plt Bupati Trenggalek : Diklat Kepemimpinan Bukan Sekedar Formalitas

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin pada tanggal 1 Maret 2018 kemarin membuka Diklat Kepemimpinan Tingkat (Diklatpim) Tingkat III Angkatan 2018 di aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Trenggalek. Pada kesempatan tersebut, Mas Ipin, sapaan akrab Plt. Bupati Trenggalek berterima kasih kepada Badan Diklat Propinsi Jawa Timur yang telah berkenan bermitra dan memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Kabupaten Trenggalek untuk dapat melaksanakan Diklat Kepemimpinan Tingkat III tahun 2018 ini. Dengan kondisi seperti ini, beliau yakin bahwa diklat kepemimpinan yang dilaksanakan di Kabupaten Trenggalek ini sama sekali tidak berkurang kualitasnya, karena segala hal telah diupayakan untuk didesain sesuai standar pelaksanaan diklat kepemimpinan pola baru.

Pengalungan Tanda Peserta Diklat

Selain itu, para peserta diklat juga tentunya dapat lebih berkonsentrasi karena waktu adaptasi peserta di tempat diklat menjadi lebih cepat. Mas Ipin menyampaikan bahwa untuk memperbaiki kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat perlu senantiasa dilakukan upaya perubahan dan perbaikan-perbaikan kinerja disemua aspek penyelenggaraan pemerintahan sehingga kabupaten trenggalek kedepan menjadi lebih bermartabat. Perubahan dan perbaikan tersebut meliputi disiplin, etos kerja dan kompetensi pegawai diiringi kerja keras sehingga dapat bekerja secara lebih produktif.

Beliau menekankan kepada para peserta diklat bahwa Diklatpim yang akan dilaksanakan ini merupakan salah satu tahapan peningkatan kualitas aparatur disamping juga untuk mewujudkan pemenuhan kompetensi jabatan struktural. Diklatpim bukan sekadar untuk memenuhi persyaratan administratif atau formalitas belaka, namun juga akan dapat membawa dampak yang riil bagi peningkatan kinerja para pejabat pemerintah melalui penambahan wawasan, pengetahuan, dan pembentukan sikap mental. Jabatan Administrator adalah posisi yang strategis sekaligus diharapkan mampu berkontribusi besar terhadap kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi di masing–masing Organisasi Perangkat Daerah. Pejabat Administrator dituntut mampu dan terampil melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dan bertanggung jawab dalam memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan.

Pembukaan Oleh Plt. Bupati Trenggalek

Beliau berharap kepada para peserta Diklatpim III untuk mengikuti setiap tahapan diklat dengan serius dan disiplin, membentuk komunitas belajar yang kompak dan aktif dengan sesama peserta diklat, menciptakan suasana belajar yang dinamis dalam proses pembelajaran. Secara khusus, beliau juga berharap melalui diklat ini ada peningkatan pemahaman terhadap visi, misi, dan arah pembangunan Kabupaten Trenggalek yang nantinya dapat secara riil dikerjakan di masing–masing Organisasi Perangkat Daerah.

 

SERBA-SERBI TENTANG DIKLATPIM ANGKATAN 68 TAHUN 2018

DASAR PENYELENGGARAAN

  1. PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 101 TAHUN 2000 TENTANG PENDIDIKAN DAN PELATIHAN JABATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL;
  2. PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 13 TAHUN 2002 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 100 TAHUN 2000 TENTANG PENGANGKATAN PNS DALAM JABATAN STRUKTURAL;
  3. PERATURAN KEPALA LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA (LAN) REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2015 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT III.

MAKSUD DAN TUJUAN

PENYELENGGARAAN DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT III DIMAKSUDKAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN PEJABAT ADMINISTRATOR DAN CALON PEJABAT ADMINISTRATOR YANG AKAN BERPERAN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS SERTA FUNGSI KEPEMERINTAHAN DI INSTANSINYA.

SASARAN

TERWUJUDNYA PNS YANG MEMILIKI KOMPETENSI YANG SESUAI DENGAN PERSYARATAN JABATAN ADMINISTRATOR DAN OPTIMALISASI SELURUH POTENSI SUMBER DAYA INTERNAL DAN EKSTERNAL ORGANISASI KHUSUSNYA PARA PEJABAT YANG MENDUDUKI LEVEL ADMINISTRATOR DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN UNIT INSTANSINYA.

PESERTA

KEGIATAN DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT III ANGKATAN 68 TAHUN 2018 DIIKUTI OLEH 20 (DUA PULUH) ORANG PEJABAT ADMINISTRATOR DAN 10 (SEPULUH) ORANG PEJABAT PENGAWAS LINGKUP PEMERINTAH KABUPATEN TRENGGALEK.
BERSAMA INI PULA KAMI LAPORKAN BAHWA UNTUK PESERTA DARI PEJABAT PENGAWAS TELAH DILAKUKAN SELEKSI CALON PESERTA DIKLATPIM III DI BADAN DIKLAT PROPINSI JAWA TIMUR PADA HARI SENIN TANGGAL 26 PEBRUARI 2018 DAN SEMUA PESERTA SELEKSI DINYATAKAN LULUS DAN DAPAT MENGIKUTI DIKLATPIM III INI.

PELAKSANAAN

KEGIATAN INI DILAKSANAKAN DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN TRENGGALEK, MULAI TANGGAL 01 MARET S/D 31 MEI 2018. ADAPUN KEGIATAN DILAKSANAKAN DENGAN MODEL IN CLASS DAN OUT CLASS SEBAGAI BERIKUT :
– IN CLASS DILAKSANAKAN SELAMA 30 HARI
– OUT CLASS DILAKSANAKAN SELAMA 62 HARI

STATUS PESERTA

SESUAI DENGAN SURAT EDARAN KEPALA LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA NOMOR : 787/K.L/01.1 TANGGAL 10 APRIL 2014 TENTANG PENETAPAN STATUS PESERTA DIKLATPIM DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN, MAKA PESERTA DIKLAT KEPEMIMPINAN DIBEBASTUGASKAN DARI TUGAS KEDINASAN PADA SAAT MELAKSANAKAN KEGIATAN IN CLASS, YAITU TANGGAL 01 S/D 14 MARET 2018 DAN TANGGAL 22 MARET S/D 13 APRIL 2018.

TENAGA PENGAJAR/NARASUMBER
TENAGA PENGAJAR/NARASUMBER PADA KEGIATAN INI ADALAH PENCERAMAH PENGAMPU MATERI PENGUJI PEMBIMBING (COACH DAN MENTOR), WIDYAISWARA BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PROVINSI JAWA TIMUR, PIMPINAN DAERAH SERTA PEJABAT STRUKTURAL LINGKUP PEMERINTAH KABUPATEN TRENGGALEK.
SUMBER DANA
PENYELENGGARAAN KEGIATAN INI BERSUMBER DARI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN TRENGGALEK DPA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH TAHUN ANGGARAN 2018.
EVALUASI
EVALUASI DALAM KEGIATAN DIKLAT KEPEMIMPINAN TINGKAT III INI MELIPUTI :
a. EVALUASI PESERTA
b. EVALUASI WIDYAISWARA
c. EVALUASI PENYELENGGARAAN

 

(BAGUS EPY / BIDANG PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *